Sunday, March 1, 2009

Jagung, Tanaman Obat Indonesia


Selama ini kita mengenal buah jagung sebagai salah satu sumber karbohidrat. Selain digunakan sebagai makanan pokok di beberapa daerah di Indonesia, jagung secara umum juga dikenal sebagai sumber pakan ternak. Tapi tahu kah anda bahwa jagung juga memiliki fungsi sebagai salah satu sumber obat tradisional indonesia yang dapat menjadi obat alternatif untuk penyakit Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) serta penyakit Kardiovaskular.

Khasiat Tanaman

Menurut penelitian dan juga pengalaman orang yang telah mencuba, rambut jagung berguna untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan biji jagung cocok untuk di konsumsi orang yang memiliki risiko gangguan kolesterol dan kardiovaskular.


Kandungan Tanaman

Berdasarkan penelitian laboratorium, buah jagung mengandung protein, lemak tak jenuh, kalsium, fosfor, zat besi, belerang serta vitamin A, B, C dan K. Sedangkan rambut jagung mengandung asam lemak maizenat, damar, gula, garam mineral, alkaloid, polifenol dan flavonoid jenis ginkgetin yang aman bagi jantung dan tekanan darah.

Bagi anda penderita hipertensi, kardiovaskular ataupun berbadan sehat tidak ada salahnya bila anda sering-sering menyantap jagung rebus muda. Tetapi harus diingat, jangan makan jagungnya saja. Air rebusan jagung tersebut juga harus diminum. Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, jagung direbus beserta dengan kulit dan rambutnya yang terlebih dahulu di cuci dengan bersih. Lalu direbus hingga mendidih, setelah itu didinginkan dan air nya disaring lalu diminum seperti meminum air putih. Dan hendaknya anda jangan lupa juga untuk memakan jagungnya. Sayang kan kalao tidak dimakan.

Selain itu hendaknya perlu terus menjaga pola makan, olah raga yang teratur, istirahat yang cukup serta menyederhanakan pola berpikir anda.

Semoga informasi ini bermanfaat dan lebih meningkatkan lagi minat anda untuk mengeksplorasi khazanah alam indonesia yang dapat berguna sebagai sumber obat tradisional yang berkhasiat, terjangkau dan mudah diperoleh.

0 comments:

Post a Comment